BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Anak
Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (CIBI) merupakan kategori yang termasuk
kedalam Pendidikan Luar Biasa. Anak dengan CIBI tersebar diseluruh dunia,
termasuk di Indonesia. Namun keberadaannya sekarang belum begitu dihargai dan
di respon dengan baik oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Pendidikan dan
fasilitas yang diberikan juga belum optimal diberikan oleh masyarakat,
pemerintah maupun keluarga yang belum sepenuhnya paham tentang keberbakatan
anak-anaknya.
Untuk itu dilakukannya observasi individu ini dimaksud
agar mahasiswa PLB UNS dapat memahami anak-anak dengan kemampuan CIBI di
berbagai tempat, disekitar kita.
B.
TUJUAN
1. Tujuan
khusus dari penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Anak Berbakat Semester II.
2. Tujuan
umum dari penyusunan makalah ini adalah :
a. Menganalisis anak
berkebutuhan khusus, yatu anak dengan
cerdas istimewa dan berbakat istimewa.
b. Menambah ilmu tentang anak
berkebutuhan khusus, terutama anak
yang memiliki cerdas istimewa dan berbakat istimewa.
C.
RUMUSAN
MASALAH
Rumusan masalah pada
makalah ini adalah :
1. Bagaimana
menganalisis dan mendiskripsikan
anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang
memliki kemampuan cerdas istimewa dan berbakat istimewa?
D.
METODE
PENYUSUNAN MAKALAH
Penyusunan
makalah ini menggunakan metode :
1. Melakukan obervasi dan pengamatan langsung terhadap sang
anak selama beberapa hari.
2. Pengumpulan
data angket dari orangtua anak yang
diobservasi.
3. Pengumpulan data angket dari anak yang menjadi obyek
observasi.
4. Melakukan
wawancara dengan orangtua.
INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK
Petunjuk :
Isilah daftar berikut pada kolom yang
tersedia sesuai dengan kondisi anak yang sebenarnya.
A. Identitas
Anak :
1. Nama :
Andreas Laurentius Haris Yulianto, S.E
2. Tempat
dan tanggal lahir :
Surakarta, 22 Juli 1983
3. Umur :
29 tahun
4. Jenis
kelamin :
Laki-laki
5. Agama :
Katolik
6. Status
Anak :
Kandung
7. Anak
ke dari jumlah saudara : 2 dari 2
bersaudara
8. Skor
IQ :
110 tahun 2002
9. Pendidikan :
No.
|
Nama Sekolah
|
Akselerasi/Reguler
|
Tahun Lulus
|
Lama Pendidikan
|
Nilai UN
|
1.
|
SD Negeri 16 Surakarta
|
Reguler
|
1996
|
6 tahun
|
39,41
|
2.
|
SMP Negeri 3 Surakarta
|
Reguler
|
1999
|
3 tahun
|
41,02
|
3.
|
SMA Regina Pacis Surakarta
|
Reguler
|
2002
|
3 tahun
|
Rata-rata 7,5
|
B. Perkembangan
Bahasa :
1. Meraba/berceloteh
pada umur 10 bulan.
2. Mengucapkan
satu suku kata yang bermakna kalimat (misalnya Pa berarti bapak) pada umur 12
bulan.
3. Berbicara
pada satu kata bermakna pada umur 1,5 tahun.
4. Berbicara
dengan kalimat lengkap sederhana pada umur 2 tahun.
C. Perkembangan
Sosial :
1. Hubungan
dengan saudara adalah baik, cukup rukun.
2. Hubungan
dengan teman adalah baik, dapat menyesuaikan dengan lingkungan teman yang baru,
bersahabat, dapat saling bekerja sama, rukun.
3. Hubungan
dengan orangtua adalah baik, rukun, dapat mengerti.
4. Hobi
adalah design, shoping, traveling, makan.
5. Minat
khusus pada design khususnya fashion design.
D. Perkembangan
Pendidikan :
1. Pelayanan
pendidikan khusus yang pernah diterima anak adalah tidak ada.
2. Kendala
/ hambatan yang dihadapi anak dalam mengikuti program akselerasi di sekolah
adalah tidak ada.
3. Prestasi
yang pernah dicapai adalah
·
Sering mendapatkan
juara 1 lomba melukis yang diadakan di berbagai tempat seperti di Semarang,
Jakarta, dan yang paling sering di Solo dan Yogyakarta.
·
Pernah mendapatkan
penghargaan pula dalam bidang tari tradisional pada Porseni tingkat kecamatan
saat masih duduk di bangku SD.
·
Mendapatkan juara 1 dan
juara faforit design kebaya di Sunan Hotel.
·
Mendapat penghargaan 21
besar Kebaya Kartini pada tahun 2010 di Jakarta.
·
Mendapatkan penghargaan
design dalam Solo Batik Fashion ke-3 pada tahun 2011 di Solo.
·
Mendapatkan penghargaan
design dalam Solo Batik Fashion ke-4 pada tahun 2012 di Solo.
·
Mendapatkan penghargaan
Fashion Show di Solo Paragon pada Bulan Desember 2012.
·
Mengikuti design gaun
Miss Word tahun ini.
4. Mata
pelajaran yang dirasa paling sulit/tidak disenangi adalah bahasa inggris.
5. Mata
pelajarang yang dirasa paling disenangi adalah seni lukis dan matematika
6. Apakah
anak mengikuti program bimbingan belajar (les/privat/dll) di luar sekolah? Jika
ya, sebutkan mata pelajaran yang diikuti!
·
Les akademik yang
diikuti adalah matematika dengan pembimbing Yuliana, S.Pd
·
Les non akademik yang
diikuti adalah tari tradisional di Suryo Sumirat dan melukis di Museum
Sriwedari dengan Bambang Sutedjo.
7. Cara/metode/strategi
yang dilakukan anak saat belajar:
a. Rumah : Belajar sambil nonton televisi
dan makan makanan ringan
b. Sekolah : Selayaknya murid yang rajin dengan
cara memperhatikan guru yang menerangkan.
8. Keterangan
lain yang dianggap perlu adalah
·
Tempat tinggal : Jalan Basudewa II No. 14 Kebonan,
Sriwedari, Solo
·
Telepon : 081 329 651 100
·
Pekerjaan :
designer gaun dan kebaya/fashion designer
di Solo
·
Nama dan umur orangtua :
Ayah : Joko
Utomo, 54 tahun
Ibu :
Fransisca Romana Sri Harjanti, 52 tahun
·
Pekerjaan orangtua :
Ayah :
Polisi
Ibu : Ibu
rumah tangga
·
Memili keluarga
yang broken home
CHECK
LIST IDENTIFIKASI ANAK CI-BI
Nama : Andreas Laurentius Haris
Yulianto, S.E
Diisi
tanggal : 20 April 2013
Nama
Petugas : Sixma Nasta Pitoyo
No.
|
Gejala yang Diamati
|
Keterangan*)
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Membaca pada usia lebih muda
|
V
|
|
2.
|
Membaca lebih cepat dan lebih
banyak
|
V
|
|
3.
|
Memiliki perbendaharaan kata
yang luas
|
V
|
|
4.
|
Mempunyai rasa ingin tahu yang
kuat
|
V
|
|
5.
|
Mempunyai minat yang luas, juga
terhadap masalah orang dewasa
|
V
|
|
6.
|
Mempunyai inisiatif dan dapat bekerja
sendiri
|
V
|
|
7.
|
Menunjukkan kesalahan
()orisinilitas) dalam ungkapan verbal
|
V
|
|
8.
|
Memberi jawaban, jawaban yang
baik
|
V
|
|
9.
|
Dapt memberikan banyak gagasan
|
V
|
|
10.
|
Luwes dalam berpikir
|
V
|
|
11.
|
Terbuka terhadap
rangsangan-rangsangan dari luar
|
V
|
|
12.
|
Mempunyai pengamatan yang tajam
|
V
|
|
13.
|
Dapat berkonsenterasi dalam
jangka waktu yang panjang terutama dalam tugas atau bidang yang diminati
|
V
|
|
14.
|
Berpikir kritis juga terhadap
diri sendiri
|
V
|
|
15.
|
Senang mencoba hal-hal baru
|
V
|
|
16.
|
Mempunyai daya abstraksi,
konseptualisasi dan sintesis yang tinggi
|
V
|
|
17.
|
Senang terhadap kegiatan
intelektual dan pemecahan masalah-masalah
|
V
|
|
18.
|
Cepat menangkap hubungan sebab
akibat
|
V
|
|
19.
|
Berperilaku terarah terhadap
tujuan
|
V
|
|
20.
|
Mempunyai daya imajinasi yang kuat
|
V
|
|
21.
|
Mempunyai banyak kegemaran
/hobi
|
V
|
|
22.
|
Mempunyai daya ingan yang kuat
|
V
|
|
23.
|
Tidak cepat puas dengan
prestasinya
|
V
|
|
24.
|
Peka (sensitif) serta
menggunaka firasat (intuisi)
|
V
|
|
25.
|
Menginginkan kebebasan dalam
gerakan dan tindakan
|
V
|
*) berilah
tanda cek pada kolom yang disediakan.
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
RIWAYAT
ANAK
Anak yang telah saya observasi ini bernama Andreas
Lourentius Haris Yulianto, S.E. yang kini sekarang berusia 29 tahun. Putra dari
pasangan Joko Utomo dan Fransisca Sri Harjanti ini sekarang bekerja dan
memiliki usaha sendiri dengan membuka lapangan pekerjaan dari talenta yang
dimilikinya, yaitu fashion designer yang cukup terkenal di Solo dan sekitarnya.
Prestasi demi prestasi telah dia raih dalam bidang
akademik maupun non akademik. Meskipun dia tidak mengikuti program akselerasi
saat masih duduk di bangku sekolah. Namun dengan kemampuannya yang dimiliki
sejak kecil, dia mampu mengikuti pembelajaran yang ada di sekolah maupun di
luar sekolah. Terbukti dengan prestasinya sejak kecil dengan mengalami
perkembangan yang sangat baik sejak usia dini.
Pada tahun pertamanya lahir, saat umur sekitar 10 bulan,
dia telah mampu berceloteh dan mengucapkan satu suku kata yang bermakna pada
umur sekitar 12 bulan, berbicqara dengan satu kata dan satu kalimat sederhana
dalam usianya yang masih dini. Perkembangan tersebut mempengaruhinya dalam fase
sekolah. Yang mana dia masih bisa mengikuti jalannya pelajaran pada sekolah
unggulan yang dia masuki. Nilai ujiannya membuktikan bahwa prestasinya dalam
bidang akademik sangatlah memuaskan. Selain di sekolah, pada saat kuliahpun dia
mendapatkan IP yang baik yang setiap semesternya mendapatkan nilai 3 ke atas.
Dasn pada akhir semester, dia mendapatka
nilai IP kumlout terbaik.
Anak yang sering disapa Haris atau Haiz atau Harun ini
tak hanya handal dalam bidang akademik saja. Bidang non akademiknyapun dapat
dikatakan sangat baik. Terbukti banyak kejuaraan yang dia raih dalam bidang
yang dia pilih. Sejak SD telah mendapatkan berbagai kejuaraan di bidang seni
tari tradisional dan seni lukis di berbagai tempat, seperti Solo, Semarang,
Yogyakarta dan Jakarta. Pada tingkat SMP pun karyanya dalam bidang kesenian
tidak terhenti, terutama pada seni lukis yang dia geluti. Begitupun dengan SMA.
Setelah dewasa, karyanya tidak berhenti dan menjadi lebih
berkembang dengan kedewasaannya yang matang. Perkembangan tersebut terbukti
dengan diraihnya berbagai penghargaan dan kejuaraan dalam bidang fashion dengan
mengembangkan bakatnya menjadi sebagai perancang busana, terutama kebaya dan
gaun. Mengingat perkembangan zaman sekarang.
Semua itu tak lepas dari peran orangtua, terutama ibu
yang hidup serumah dan mendampingi anak-anaknya sampai sekarang sehingga
terjalinlah keadaan yang baik dan rukun antar keluarga dan masyarakat.
BAB
IV
PENUTUP
Setelah melakukan observasi, pengamatan dan wawancara
terhadap obyek observasi ataupun kerabat terdekat obyek observasi, penulis
dapat mengambil kesimpulan bahwa Andreas Laurentius Haris Yulianto, S.E merupakan
anak Berbakat istimewa, walaupun belum termasuk Cerdas Istimewa. Mengapa
demikian, karena ciri-ciri dan karakteristik yang sesuai dengan ciri dan
karakteristik anak berbakat istimewa, seperti dapat berbicara pada usia yang
lebih dini, berbagai penghargaan yang diraih sampai sekarang, dan hubungan
antar keluarga dan masyarakat yang berjalan dengan baik. Selain itu, orangtua
sangat perlu mengambil peran dalam aktivitas rutin Haris.
LAMPIRAN
Gambar diatas ini adalah gambar saya dengan anak yang telah diobservasi dengan salah satu keryanya.
Dan gambar dibawah ini adalah salah satu penghargaan yang berhasil diraih oleh anak tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar