Jumat, 17 Mei 2013

Laporan Observasi Anak dengan Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa


BAB I
PENDAHULUAN
                                                            
A.    LATAR BELAKANG
 Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (CIBI) merupakan kategori yang termasuk kedalam Pendidikan Luar Biasa. Anak dengan CIBI tersebar diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun keberadaannya sekarang belum begitu dihargai dan di respon dengan baik oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Pendidikan dan fasilitas yang diberikan juga belum optimal diberikan oleh masyarakat, pemerintah maupun keluarga yang belum sepenuhnya paham tentang keberbakatan anak-anaknya.
Untuk itu dilakukannya observasi individu ini dimaksud agar mahasiswa PLB UNS dapat memahami anak-anak dengan kemampuan CIBI di berbagai tempat, disekitar kita.

B.     TUJUAN
1.      Tujuan khusus dari penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Anak Berbakat Semester II.
2.      Tujuan umum dari penyusunan makalah ini adalah :
a.       Menganalisis anak berkebutuhan khusus, yatu anak dengan cerdas istimewa dan berbakat istimewa.
b.      Menambah ilmu tentang anak berkebutuhan khusus, terutama anak yang memiliki cerdas istimewa dan berbakat istimewa.

C.    RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah pada makalah ini adalah :
1.      Bagaimana menganalisis dan mendiskripsikan anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang memliki kemampuan cerdas istimewa dan berbakat istimewa?

D.    METODE PENYUSUNAN MAKALAH
Penyusunan makalah ini menggunakan metode :
1.      Melakukan obervasi dan pengamatan langsung terhadap sang anak selama beberapa hari.
2.      Pengumpulan data angket dari orangtua anak yang diobservasi.
3.      Pengumpulan data angket dari anak yang menjadi obyek observasi.
4.      Melakukan wawancara dengan orangtua.






BAB II
INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK
Petunjuk        :               
Isilah daftar berikut pada kolom yang tersedia sesuai dengan kondisi anak yang sebenarnya.

   A.    Identitas Anak            :
1.      Nama                                            : Andreas Laurentius Haris Yulianto, S.E
2.      Tempat dan tanggal lahir                 : Surakarta, 22 Juli 1983
3.      Umur                                             : 29 tahun
4.      Jenis kelamin                                  : Laki-laki
5.      Agama                                           : Katolik
6.      Status Anak                                   : Kandung
7.      Anak ke dari jumlah saudara          : 2 dari 2 bersaudara
8.      Skor IQ                                         : 110 tahun 2002
9.      Pendidikan                                                :
No.
Nama Sekolah
Akselerasi/Reguler
Tahun Lulus
Lama Pendidikan
Nilai UN
1.
SD Negeri 16 Surakarta
Reguler
1996
6 tahun
39,41
2.
SMP Negeri 3 Surakarta
Reguler
1999
3 tahun
41,02
3.
SMA Regina Pacis Surakarta
Reguler
2002
3 tahun
Rata-rata 7,5


   B.     Perkembangan Bahasa            :
1.      Meraba/berceloteh pada umur 10 bulan.
2.      Mengucapkan satu suku kata yang bermakna kalimat (misalnya Pa berarti bapak) pada umur 12 bulan.
3.      Berbicara pada satu kata bermakna pada umur 1,5 tahun.
4.      Berbicara dengan kalimat lengkap sederhana pada umur 2 tahun.

   C.     Perkembangan Sosial  :
1.      Hubungan dengan saudara adalah baik, cukup rukun.
2.      Hubungan dengan teman adalah baik, dapat menyesuaikan dengan lingkungan teman yang baru, bersahabat, dapat saling bekerja sama, rukun.
3.      Hubungan dengan orangtua adalah baik, rukun, dapat mengerti.
4.      Hobi adalah design, shoping, traveling, makan.
5.      Minat khusus pada design khususnya fashion design.

   D.    Perkembangan Pendidikan     :
1.      Pelayanan pendidikan khusus yang pernah diterima anak adalah tidak ada.
2.      Kendala / hambatan yang dihadapi anak dalam mengikuti program akselerasi di sekolah adalah tidak ada.
3.      Prestasi yang pernah dicapai adalah
·         Sering mendapatkan juara 1 lomba melukis yang diadakan di berbagai tempat seperti di Semarang, Jakarta, dan yang paling sering di Solo dan Yogyakarta.
·         Pernah mendapatkan penghargaan pula dalam bidang tari tradisional pada Porseni tingkat kecamatan saat masih duduk di bangku SD.
·         Mendapatkan juara 1 dan juara faforit design kebaya di Sunan Hotel.
·         Mendapat penghargaan 21 besar Kebaya Kartini pada tahun 2010 di Jakarta.
·         Mendapatkan penghargaan design dalam Solo Batik Fashion ke-3 pada tahun 2011 di Solo.
·         Mendapatkan penghargaan design dalam Solo Batik Fashion ke-4 pada tahun 2012 di Solo.
·         Mendapatkan penghargaan Fashion Show di Solo Paragon pada Bulan Desember 2012.
·         Mengikuti design gaun Miss Word tahun ini.
4.      Mata pelajaran yang dirasa paling sulit/tidak disenangi adalah bahasa inggris.
5.      Mata pelajarang yang dirasa paling disenangi adalah seni lukis dan matematika
6.      Apakah anak mengikuti program bimbingan belajar (les/privat/dll) di luar sekolah? Jika ya, sebutkan mata pelajaran yang diikuti!
·         Les akademik yang diikuti adalah matematika dengan pembimbing Yuliana, S.Pd
·         Les non akademik yang diikuti adalah tari tradisional di Suryo Sumirat dan melukis di Museum Sriwedari dengan Bambang Sutedjo.
7.      Cara/metode/strategi yang dilakukan anak saat belajar:
a.       Rumah             : Belajar sambil nonton televisi dan makan makanan ringan
b.      Sekolah            : Selayaknya murid yang rajin dengan cara memperhatikan guru yang menerangkan.
8.      Keterangan lain yang dianggap perlu adalah
·         Tempat tinggal            : Jalan Basudewa II No. 14 Kebonan, Sriwedari, Solo
·         Telepon                        : 081 329 651 100
·         Pekerjaan                    : designer gaun dan kebaya/fashion designer di Solo
·         Nama dan umur orangtua        :
Ayah    : Joko Utomo, 54 tahun
Ibu        : Fransisca Romana Sri Harjanti, 52 tahun
·         Pekerjaan orangtua                  :
Ayah    : Polisi
Ibu        : Ibu rumah tangga
·         Memili keluarga yang broken home


CHECK LIST IDENTIFIKASI ANAK CI-BI

Nama               : Andreas Laurentius Haris Yulianto, S.E
Diisi tanggal    : 20 April 2013
Nama Petugas : Sixma Nasta Pitoyo

No.
Gejala yang Diamati
Keterangan*)
YA
TIDAK
1.
Membaca pada usia lebih muda
V

2.
Membaca lebih cepat dan lebih banyak
V

3.
Memiliki perbendaharaan kata yang luas
V

4.
Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat
V

5.
Mempunyai minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa

V
6.
Mempunyai inisiatif dan dapat bekerja sendiri
V

7.
Menunjukkan kesalahan ()orisinilitas) dalam ungkapan verbal
V

8.
Memberi jawaban, jawaban yang baik

V
9.
Dapt memberikan banyak gagasan

V
10.
Luwes dalam berpikir
V

11.
Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari luar
V

12.
Mempunyai pengamatan yang tajam
V

13.
Dapat berkonsenterasi dalam jangka waktu yang panjang terutama dalam tugas atau bidang yang diminati
V

14.
Berpikir kritis juga terhadap diri sendiri
V

15.
Senang mencoba hal-hal baru
V

16.
Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi dan sintesis yang tinggi
V

17.
Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah-masalah

V
18.
Cepat menangkap hubungan sebab akibat
V

19.
Berperilaku terarah terhadap tujuan
V

20.
Mempunyai daya imajinasi yang kuat
V

21.
Mempunyai banyak kegemaran /hobi
V

22.
Mempunyai daya ingan yang kuat

V
23.
Tidak cepat puas dengan prestasinya
V

24.
Peka (sensitif) serta menggunaka firasat (intuisi)
V

25.
Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan
V

*) berilah tanda cek pada kolom yang disediakan.






BAB III
PEMBAHASAN
                                                                                   
   A.    RIWAYAT ANAK
Anak yang telah saya observasi ini bernama Andreas Lourentius Haris Yulianto, S.E. yang kini sekarang berusia 29 tahun. Putra dari pasangan Joko Utomo dan Fransisca Sri Harjanti ini sekarang bekerja dan memiliki usaha sendiri dengan membuka lapangan pekerjaan dari talenta yang dimilikinya, yaitu fashion designer yang cukup terkenal di Solo dan sekitarnya.
Prestasi demi prestasi telah dia raih dalam bidang akademik maupun non akademik. Meskipun dia tidak mengikuti program akselerasi saat masih duduk di bangku sekolah. Namun dengan kemampuannya yang dimiliki sejak kecil, dia mampu mengikuti pembelajaran yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. Terbukti dengan prestasinya sejak kecil dengan mengalami perkembangan yang sangat baik sejak usia dini.
Pada tahun pertamanya lahir, saat umur sekitar 10 bulan, dia telah mampu berceloteh dan mengucapkan satu suku kata yang bermakna pada umur sekitar 12 bulan, berbicqara dengan satu kata dan satu kalimat sederhana dalam usianya yang masih dini. Perkembangan tersebut mempengaruhinya dalam fase sekolah. Yang mana dia masih bisa mengikuti jalannya pelajaran pada sekolah unggulan yang dia masuki. Nilai ujiannya membuktikan bahwa prestasinya dalam bidang akademik sangatlah memuaskan. Selain di sekolah, pada saat kuliahpun dia mendapatkan IP yang baik yang setiap semesternya mendapatkan nilai 3 ke atas. Dasn pada akhir semester, dia mendapatka  nilai IP kumlout terbaik.
Anak yang sering disapa Haris atau Haiz atau Harun ini tak hanya handal dalam bidang akademik saja. Bidang non akademiknyapun dapat dikatakan sangat baik. Terbukti banyak kejuaraan yang dia raih dalam bidang yang dia pilih. Sejak SD telah mendapatkan berbagai kejuaraan di bidang seni tari tradisional dan seni lukis di berbagai tempat, seperti Solo, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta. Pada tingkat SMP pun karyanya dalam bidang kesenian tidak terhenti, terutama pada seni lukis yang dia geluti. Begitupun dengan SMA.
Setelah dewasa, karyanya tidak berhenti dan menjadi lebih berkembang dengan kedewasaannya yang matang. Perkembangan tersebut terbukti dengan diraihnya berbagai penghargaan dan kejuaraan dalam bidang fashion dengan mengembangkan bakatnya menjadi sebagai perancang busana, terutama kebaya dan gaun. Mengingat perkembangan zaman sekarang.
Semua itu tak lepas dari peran orangtua, terutama ibu yang hidup serumah dan mendampingi anak-anaknya sampai sekarang sehingga terjalinlah keadaan yang baik dan rukun antar keluarga dan masyarakat.





BAB IV
PENUTUP

Setelah melakukan observasi, pengamatan dan wawancara terhadap obyek observasi ataupun kerabat terdekat obyek observasi, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Andreas Laurentius Haris Yulianto, S.E merupakan anak Berbakat istimewa, walaupun belum termasuk Cerdas Istimewa. Mengapa demikian, karena ciri-ciri dan karakteristik yang sesuai dengan ciri dan karakteristik anak berbakat istimewa, seperti dapat berbicara pada usia yang lebih dini, berbagai penghargaan yang diraih sampai sekarang, dan hubungan antar keluarga dan masyarakat yang berjalan dengan baik. Selain itu, orangtua sangat perlu mengambil peran dalam aktivitas rutin Haris.





LAMPIRAN




















Gambar diatas ini adalah gambar saya dengan anak yang telah diobservasi dengan salah satu keryanya.


Dan gambar dibawah ini adalah salah satu penghargaan yang berhasil diraih oleh anak tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar